CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Rabu, 27 Juli 2011

The Journey: Penginapan yang mutunya jalan mundur


Gitu turun angkot, aku langsung ke penginapan C*********. Selain itu budget hotel, juga karna lumayan dekat kemana-mana. Aku pikir, kalo seandainya aku jalan-jalan dan pulang kemalaman, angkot ke penginapan ini gampang dan selalu ada. Ini nih yang bikin aku milih nginap disini.

Gak diduga, ternyata ini penginapan jauh banget dari memuaskan. 3 taon yang lalu aku pernah nginap disini, tapi ajib-ajib deh jeleknya.. tempat tidurnya berderit mulu, bergerak dikit aja pasti berderit, toiletnya juga error.. masa airnya tergenang di lantai? Apa kabar saluran airnya? Tapi aku pikir itu kan dulu, kali aja sekarang lebih ok..

Tapi ternyataaa.. waktu di resep katanya semua dah diperbaiki, sekarang penginapan ini lebih bagus, makanya harganya lebih mahal dari dulu.. yah whateper deh.. aku minta kamar di luar aja, gak usah yang lewat lobby. Pas masuk kamar, ya ampunn ternyata yang double bed. Aku balik ke lobby minta ganti ke single, tapi katanya yang single fullybooked. Ya udah, aku balik lagi ke kamar, pas aku masuk eh kedengaran suara berisik genset ato pompa air yang kebetulan di samping kamarku. 

Yah.. aku balik ke lobby mo ganti kamar tapi katanya gak ada lagi yang kosong.. lah.. padahal tadi nawarin kamar di dalam.. gemes gw!! Aku pikir yah.. malam ini tidurnya berisik lagi.. fasilitasnya sih lumayan, ada AC, ada kipas angin, TV, kulkas, meja tulis, lemari, air panas dan tentu saja tempat tidur. 

Pas aku coba tempat tidurnya.. o-o-o.. tempat tidurnya melesak ke dalam!! Gilaa.. katanya udah ada perbaikan, tapi mana?? Malah lebih parah dari dulu!! Bed covernya mungkin dari taon 90an (bayangin gimana kunonya!!).. kaca meja nakasnya pecah (plis deh!!), sudut bawah cermin hias gantung hilang sebagian (bener-bener fasilitas yang T-O-P; ngaca di cermin pecah bisa bikin sial :p).. sebagian besar siaran TV bersemut alias gak jelas. 

Wew.. aku putuskan CO besok pagi-pagi trus langsung nyari penginapan lain. Gila banget nih penginapan! Kalo emang mau bermain di segmen budget hotel, ya fasilitas kaia kulkas ya ditiadakan aja, sarapan pagi juga gak usah, TV ditiadakan juga tak papa.. kita kan mau jalan-jalan bukan ngedon dikamar buat nonton TV. Kalo mau nonton TV ya di rumah aja, gak usah di hostel. Yakin deh, kulkas dan kipas angin gak ada yang pake. Dengan begitu kan margin keuntungan mereka bisa ditingkatkan.

HUH! Lagaknya fasilitas udah ditingkatkan. Katanya harga dinaikin karna perbaikan. Huh.. harga naik, tapi mutu gak ikutan diperbaiki.. ternyata katanya doang. Mutu?? Apaan tuh? Species baru kah? Barang baru kah? Gadget baru kah?  

HUH! Disini, dimana-mana harga naik come first, mutu naik nanti dulu.. cape deh!! Beneran, nie penginapan mutunya jalan ke belakang.. seharusnya mereka memperhatikan kenyamanan tamunya, bukan kemewahan ..mewah (kulkas) tapi gak nyaman (berisik, kasur melesak, kaca dan cermin pecah), ya sama aja..

Mereka lupa, dalam bisnis jasa beginian, cara mengiklankan diri ya dengan memberikan pelayanan nyaman bagi tamu dan kalo tamunya nyaman maka ini akan disampaikan dari mulut ke mulut kepada orang lain. Bukannya ini iklan gratisan? Kalo tamu gak nyaman (seperti aku) maka ini juga akan jadi publisitas yang buruk bagi penginapan mereka (beneran, aku udah bilang ke teman-teman ku untuk tidak nginap di sini). Jadinya mereka bisa saja kehilangan potential guest kan?

Astagaa.. management hostel ini gak punya ilmu bisnis dikitpun. Aku yang gak sekolah bisnis aja tau yang beginian.. hm.. ato sebaiknya aku aja yang jadi manajer disini yak? Sekalian mengadopsi system Tune’s hotel? Invenstasi awalnya sih lumayan .. tapiii berani jamin balik modal dalam waktu setaon. Keren kan??

Aku emang pintar ^____^



ayla

Tidak ada komentar: