CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Selasa, 03 Mei 2011

Disleksia

Pada tau kan arti Disleksia? ok kalo gak tau, ini nih menurut jeng wikipedia....


Dyslexia adalah sebuah kondisi ketidakmampuan belajar pada seseorang yang disebabkan oleh kesulitan pada orang tersebut dalam melakukan aktivitas membaca dan menulis.Penderita disleksia secara fisik tidak akan terlihat sebagai penderita. Disleksia tidak hanya terbatas pada ketidakmampuan seseorang untuk menyusun atau membaca kalimat dalam urutan terbalik tetapi juga dalam berbagai macam urutan, termasuk dari atas ke bawah, kiri dan kanan, dan sulit menerima perintah yang seharusnya dilanjutkan ke memori pada otak.
 
Aku tau tentang dislexia ini waktu esema, itu pun baca artikel tentang Tom Cruise yang cakep wow-wow-wow itu ternyata menderita dislexia (okkk.. mungkin terlalu lebay, keliatan nya mas Tom gak menderita tuh, kaia nya hepi-hepi ajaaa).. Untunglah aku bukan fans-maniak nya mas Tom, kalo iya bisa jadi aku berharap ikutan terjangkit dislexia juga..(lah kan banyak tuh fans-fans alay yang pengen sejuta % looks alike idola nya?.. apa pun tingkah nya etc etc di copy paste tanpa filter apapun?..:p).. Yah, untunglah aku fans yang waras, yang cuman ngejerit wow-wow pas nonton pilem nya (cuman menit-menit pertama aja sie.. sisanya paling ngangga doang xixixixi..)

Nah kebetulan aku punya teman yang terjangkit penyakit ini..(hmm.. gak bisa nemu padanan kata ‘terjangkit’ yang lebih halus nie :p).. Gak pernah mimpi seumur-umur bakalan punya teman seperti ini, jadi nya gak punya ide gimana tampak-luar pasien dislexia ini.. dan ternyata kemasan luar nya normal-normal aja sodara-sodara, kalo ngomong baru deh kliatan aseli nya :p

So, teman kantor aku yang bernama Intan ternyata mengidap (baca mengendap) penyakit ini, beneran mengendap karna hanya pada beberapa kondisi tertentu endapan nya muncul ke permukaan :p.. Pertama nya sie gak ngeh dengan keanehan dia, tapi ada suatu kejadian yang bikin aku sadar.

Jadi pada suatu siang hari terjadi dialog di bawah ini, yang dibintangi oleh 3 orang artis papan penggilasan di kantor:d. M = aku, I = Intan dan R = sang procurement/logistic di kantor. Lokasinya di meja ku, sang admin kantor.

I: kak M minta mattras lah, kami butuh mattras 6 biji.

M: ha? Mattras? Lah mana ku tau stock mattras, yang  tau kan logistic. Coba deh tanya ama R kali aja ada.

R: Mana ada stock mattras dikantor. Mana perlunya 6 lagi, sebiji aja tak punya. Emang kapan perlu nya?

I: sekarang bang, Intan perlu sekarang nih.

R: ha? Perlu sekarang minta nya sekarang? Lu kata kita pabrik mattras apa? Kalo perlu sekarang ya request nya seminggu yang lalu kek, jadi punya waktu buat belanja. Emang gampang apa keluar duit dari finance, butuh waktu nek.. Lagian untuk apa kalian perlu mattras sampe 6 biji?

Hehe di ceramahin deh ama R, Intan nya jadi jutek.

I: Kami perlu sekarang bang, mattras nya mau kami tempel di kontrak, bentar lagi beneficiaries kami datang.

Aku & R speechless. R bengong n aku mikir, mattras di tempel di kontrak? Maksudnya? Aku berbaik hati mengclear kan :d..

M: maksud nya Intan perlu materai 6 biji ya?

I: Iya kak, Intan perlu sekarang nih. Mattras yang 6 ribu kak.

R masih speechless. Aku cuman bisa ngurut dada sambil mikir: ternyata aku punya teman dislexia wkwkwkwkk.. 

Kejadian yang lain. Yang jadi korban teuteup aku :p.. Intan datang ke ruangan aku dan terjadilah yang di bawah ini.

I: kak pinjam tanktop lah.

M: tanktop?

Aku mikir intan mo minjam tanktop yang mana ya? Tanktop yang aku pake minggu lalu? Seingat ku kemarin bajuku bukan tanktop deh. Aku mikir, yah wajar sie intan mo minjem, kan tanktop aku keren n lucu-lucu hehe.. tapi kan kami beda size? Size ku 6, size nya intan 12 hehe (becanda ntan :p)

M: Tanktop yang mana nie? Tanktop nya di rumah lah, mo minjam yang warna apa ntan? Besok aku bawain deh.

I: Yah Intan perlu sekarang lah kak, kami mau miting diluar pas jam makan siang. Emang tanktopnya disimpan di rumah semua? Yang di pake ama kak U kemarin juga gak ada?

Aku mikir, tank top yang di pake U? Okk i got it, U itu pake busana muslim yang gamis-gamis gitu, jadi gak mungkin pake tanktop. Jadi maksud intan itu..

M: oh maksud mu laptop ya? Mo dipake miting nanti?

I: iya kak..

M:..... (cuman bisa cengengesan :p)

Masi banyak kata-kata dislexia nya intan:

·         Setera, maksudnya terserah :p
·         Tersepona, maksudnya terpesona
·         Hobong, maksudnya bohong
·         Bintang rasa kaki harga lima lima, maksudnya rasa bintang lima harga kaki lima
·         Tongge, maksudnya toge (jangan pada ngeres ya?? :d)
·         Terbelalai, maksudnya terbengkalai
·         Gombal, maksudnya global
·         Pegawai ngeri, maksudnya Pegawai negeri
.   Bergadang, maksudnya berdagang

Dan masih banyak kata–kata intan yang lain yang bikin kita ternganga :p.. aku berkali-kali minta intan untuk memperbaiki ucapannya yang salah, karna aku tuh gampang banget tercopi dengan orang lain.. gak kebayang kalo aku ngomong ‘aku mo beli tanktop merk s*** yang baru, HD nya lebih besar’ .. orang-orang pasti plonggo:p

Selain dislexia, intan juga mengidap discalculi* yaitu penyakit yang gak bisa menghitung :p..  kalo dia perlu bantuan menghitung dia akan teriak ‘Oii, 75 tambah 80 berapa?’.. tuh anak kaianya kemana-kemana harus bawa calculator cabe deh :p

Nasib mu deh ntan:p


*menurut si wiki, Dyscalculia adalah ketidakmampuan belajar yang spesifik melibatkan kesulitan bawaan dalam belajar atau memahami matematika. Mirip seperti disleksia dan termasuk kesulitan dalam memahami jumlah, memanipulasi angka dan sejumlah gejala terkait lain nya.




ayla

Tidak ada komentar: