CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Rabu, 25 Mei 2011

Kiut cadel

Dulu waktu kecil, aku tuh agak cadel.. huruf ‘r’ ku agak geje gitu.. so sering banget di suruh ulang kalimat: ‘ular melingkar di atas pagar pak umar’.. katanya sie  biar huruf ‘r’ nya.. kaianya sie itu lumayan manjur, soalnya pas gede huruf ‘r’ ku normal–normal aja tuh :d

Tapi gak semua orang ‘seberuntung’ itu.. banyak orang yang kecadelan menjadi permanent dan gak semua orang menganggap cadel itu suatu kekurangan loh..

Cadel itu gak cuman huruf “r” (nasi goyeng jus jeyuk :d), tapi ada juga huruf “m” (malang=malam, asang=asam, adeng=adem hehe) ada juga yang cadel dalam ngucapin huruf “l” dan “r” jika dalam satu kalimat (maram–maram bakar-bakaran ikan wkwkwk..) padahal dalam kata-kata normal dia nya gak bermasalah.. nyokap ku juga agak cadel dalam huruf “r”, gak bisa bisa bilang “kram” (jadinya “klam”).

Kalo diluar kadang mereka yang gak bisa bilang huruf tertentu, biasanya huruf “h” tapi aku belum pernah dengar sie.. cuman dulu pernah baca di serial Mallory Tower nya Enid Blyton, katanya orang Inggris yang tidak bisa huruf “h” seringnya adalah orang yang tingkat pendidikan nya minim (?? Ini kalo aku gak salah ingat yaa..).. 

Sedangkan pinoy banyak yang gak bisa atau ketuker huruf F, P dan V; misalnya “do you hape toothfick?” Hehe ato bolbo instead of Volvo.. pernah juga punya kolega pinoy yang gak bisa ngomong ‘fax’ dia ngomongnya gini nih “could you fuck that letter?” wkwkwkwkkwk

Trus, kalo di daerah Sumatra ada juga sekelompok orang yang ngomong nya agak aneh, tapi kaia nya ini bukan cadel tapi lebih karna bawaan bahasa daerah setempat. Mereka tuh kalo bicara seringkali hilang salah satu huruf konsonan nya, jadi untuk ngerti maksud mereka ya tergantung kalimat keseluruhan :p

Ini nih contoh kata-kata nya:
1.     Kuci, ini maksudnya bisa kunci ato kucing, tapi ribet kalo kalimatnya “kuci ku hilang”, ini maksudnya kunci ato kucing yang hilang ya?? :d 
2.    Masa, maksudnya masam, masak ato apa ya? 
3.    Mala, maksudnya malas, malam, ato??

4.    Dan banyak lagi kata lain yg gak bisa dijabarkan satu persatu.. yang pasti seperti nya cukup ribet beramah tamah ama mereka karna kita kudu mikir dulu “itu maksudnya apa ya?”.. ^^

Trus, anaknya teman ku yang berumur 7 taon cadelnya bikin aku nganga :d.. Aku bahkan gak bisa mengidentifikasi (cie bahasanya :p) huruf cadelnya apa aja. Seingatku lebih dari 2 huruf deh .. yang jelas kalo dia ngomong aku bengong beberapa lama, kaia orang yang baru bangun tidur dan sedang mengumpulkan roh nya yang kabur pas sedang tidur hihi.. 

Tapi aseli nih anak gemesin banget, hehe kadang aku jailin dia.. tiap dia ngomong aku pura–pura tetap gak ngerti biar dia ngulang omongan nya lagi :p.. (semoga emaknya gak marah aku jailin anak nya ^^).. ini nih kalimat-kalimat cadelnya :

·        Khanke gimana gelinya? Maksudnya tante dimana beli nya :d
·    Ayo kiga makang.. maksudnya ayo kita makan (lama-lama gw bisa jadi penterjemah kata-kata cadel nie :p)
·         Gulang sekola kiga kemana? (pulang sekolah kita kemana..)

Coba itung ada berapa huruf yang error? Kwakwakwaaaa :d.. yang paling aku suka waktu dia ngomong gini nih “wooo, khanke semok sekhali, gagunya gaguss” .. Aku tau ini pujian yang tulus banget (terharu gw..), maksudnya kalo yang lain ngomong gitu pasti ada udang di balik bakwan, contohnya..

  1. Kalo cowok yang ngomong “wah bajumu bagus, kamu jadi seksi..hm kaianya enak buat dipeluk” (tuh kan ada maunya??)
  2. Kalo cewek yang ngomong “bajunya keren bangettt, kamu keliatan semok.. boleh pinjam gak buat party wiken ini?”.. (benerkan?? Ada maunya!!)
Tapi kalo anak umur 7 taon yang ngomong baju bagus dan semok, dia gak mungkin minta dipeluk ato minta pinjam baju kan??? Anak kecil kan jujur banget, gak pernah bohong (well, kadang-kadang sie .. pengalaman pribadi, aku sendiri yang boong :p)



ayla

Tidak ada komentar: